Rabu, 27 April 2011

Cripton 97

saat ini, as kruknya mengaplikasi Yamaha Vega ZR, dengan nilai 57,9 mm. kini tak perlu repot untuk menggeser big end. Sipnya, dalam pemakaian bearing as kruk sama dengan Jupiter-Z. Hanya saja tonjolan daging crank case yang dekat dengan as kruk, dikikis rata dengan bor tune. Masih belum selesai sampai disini, perangkat stang pistonnya digantikan Mio, dengan alasan lebih panjang. Sehingga, pembentukan sudut stang piston pada piston tercipta lebih kecil. “Dan tingkat gesekan yang dihasilkan jadi lebih rendah.
Kelar mengurusi stroke mesin yang menjadi 57,9 mm, kini giliran piston diganti milik Tiger (63,5 mm). Kapasitas mesin pun langsung melejit hingga 183 cc. Suplai avgas dilayani Keihin 28 mm, dengan lubang venturi yang dijadikan 30 cc. Untuk mengikuti peningkatan kapasitas gas segar yang kian pekat dan menjamin akurasi gas segar lebih responsif, maka pemakaian katup diatur ulang.
Untuk katup masuk memakai diameter (34 mm) dan katup buang (27 mm). Sampai disini saja, kompresi yang dihasilkan terlampau tinggi. Untuk menyiasatinya, noken as pun diatur ulang. Angka over lap dipermainkan lebih lebar, untuk membocorkan kompresi agar gasingan bawah tetap jalan. Itu sama halnya dengan menambah daging di sektor closing flank serta opening flank cam shaft. Itu saja durasi noken terhitung busur derajat 305 derajat (in) dan 285 (ex).
Beralih ke sektor calter kopling, gigi primer dan skunder nya mengaplikasi orsi bawaan Vega. Hanya saja, pemakaian bobot fly wheel nya extreme. Sebab, bobot 1 Kg, berbanding bobot rotor magnet yang dijadikan 550 gram. “Lumayan buat mendoping respon motor pas start, agar lontarannya juga agresif, ”terang Louise.
Itu saja perbandingan gigi rasio masih diperberat lewat perbandingan gigi 1(32-13), 2(27-16) dan 4(21-22) dan disempurnakan final gear 14-36. Doping perangkat pengapiannya disokong CDI BRT Imax 24 step disulut koil Suzuki RM-125. Catatan waktu yang diukir Louise di 201 meter pun fantastis terhitung 8,7 detik. .: pid

Spesifikasi
Karbu : Keihin 28 mm
CDI : BRT I-Max
Koil : RM-125
Piston : Tiger
As kruk : Yamaha Vega ZR
Final gear : 14-36

Tidak ada komentar:

Posting Komentar