Korek mesin motor,Durasi adalah waktu yang diukur dalam derajat kruk as.m Maksud dari durasi klep buat
para mekanik balap adalah untuk membuat lama bukakan klep,terlalu lama juga
mesin jadi drop. Baik dimana klep in atau ex sedang terbuka, Pada saat mesin
meningkat, mesin sering mengalamiputaran dmn kesulitan mengisi silinder dengan
pasokan udara / bahan bakar dalam waktu singkat saat klep in membuka. Hal yang
sama terjadi saat membuang gas sisa pembakaran. Jawaban atas masalah ini
membuat klep in membuka lebih lama, yang berartimemperbesar durasinya untuk
memaksimalkan saat langkahbuang, banyak peracik kem extrim memulai klep membuka
mendekati posisi saat piston berada di tengah-tengah langkah usaha.
Ini terlihat akan mengurangi tenaga yang
dihasilkan. Tapi idenya adalah membuat klep ex sudah terbuka penuh saat piston
berada di TMB akan melakukan langkah buang. Selama langkah usaha, letukan bahan
bakar sudah menggunakan sekitar 80% dari tenaga untuk menendang piston turun
saat kruk as baru berputar 90° saat piston berada di tengah proses
turun.Separuhnya lagi membieffek yang sedikit menambah tenaga, dan akan lebih
baikjika dimanfaatkan untuk membuang gas sisa pembakaran sehingga untuk yang
terhisap masuk akan lebih bersih nantinya.
Penggunaan rumus:
Missal
untuk mesin 110 cc dan 200 cc.
Untuk mesin 110 cc klep isap membuka 34-35° sebelum TMA(Titik Mati Atas). Dan menutup
58-60° sesudah TMB(Titik Mati Bawah). Sedangkan untuk klep buang, membuka 57-59° sebelum TMB(Titik Mati Bawah), dan menutup 31-33 setelah TMA(Titik Mati
Bawah).
Untuk mesin 200 ccklep isap membuka 28° sebelum TMA dan menutup 63-65° setelah TMB dan menutup 28-29° setelah TMA.Apabila klep buka 25-38° sebelum TMA dan menutup 50-70° setelah TMB, UNtuk klepbuangnya sendiri membuka 50-70° sebelum TMB dan menutup 25-38° setelah TMA, batasan yang dapat diberikan 260-280°. Makin kecil durasinya makin bagus untuk
trek pendek,tenaga bawah lebih ngis. Cocok untuk karakter skubek yang perlu tarikan awal yang lebih responsive.
Durasi Cam
Diukur pada bukaan klep/angka dial gauz Menunjuk pada 0,050 inchi/1,27mm
Klep mulai membuka 0,15mm dan hampirmenutup 0,15mm
Durasi noken as Yamaha vega
Intake
membuka 27° sebelum tma,menutup 35° setelah tmb
Exhause
membuka 55° sebelum tmb,menutup 29° setelah tma
Hitung durasi lcc(lobe center),
Tidak ada komentar:
Posting Komentar