Vespa PTS, Tak Gendong Ke Mana-Mana

Tri Nugroho alias  Tombro, tampaknya selalu ingat dengan lagu ‘Tak  Gendong Kemana-mana’  yang dipopulerkan almarhum Mbah Surip. Kenapa  begitu, itu karena kepala  mekanik bengkel matik D-45 Yogyakarta ini  merestorasi Vespa PTS 1980  yang juga didukung anhang untuk mengendong  sepeda fixie. 
Menurut  pengakuan Tombro, konon keduanya sama-sama digarap cuma satu  bulan.  “Utamanya Vespa. Sambil jalan garap sepeda biar waktunya tepat  selesai  di 7 April,” ujar warga Sanden Bantul Yogyakarta yang mengaku  itu hari  jadi dirinya ke-28. Selamat ultah, ya! Gambar Tipe model aliran modifikasi Vespa
Garapan Tombro banyak yang  bilang memang unik. Karena Vespa  dilengkapi sepeda fixie yang  diletakkan di atas rangka kedudukan sepeda  yang diikat di samping kiri.  Sehingga selalu nempel kemanapun dirinya  pergi. Sesekali diturunkan saat  dipakai nongkrong bareng teman satu  komunitas.
“Rangka dudukan sepeda dirancang dan dibuat sendiri. Bahan dudukan sangat kuat karena sudah mengandalkan lempengan pelat besi dengan ketebalan 2 mm. Lalu rangka dibikin sesuai panjang sepeda terutama dudukan ban depan-belakang. Tentu agar kedudukannya kuat dan juga tahan getar,” lanjutnya.
“Rangka dudukan sepeda dirancang dan dibuat sendiri. Bahan dudukan sangat kuat karena sudah mengandalkan lempengan pelat besi dengan ketebalan 2 mm. Lalu rangka dibikin sesuai panjang sepeda terutama dudukan ban depan-belakang. Tentu agar kedudukannya kuat dan juga tahan getar,” lanjutnya.
 Lantas sebagai penguatnya, rangka kedudukan sepeda itu diikat  pakai  sekrup yang posisinya berbeda antara roda depan dan belakang.  Untuk  bagian depan diikat sekrup ke bagian bordes tengah. Lalu bagian   belakang diikat pada bodi monokok belakang bagian bawah.
“Biar  lebih kuat, pada as roda sepeda juga diikat dengan tali. Jadi  walau  digoyang sekuat apapun sepeda tidak akan jatuh. Makanya Vespa ini  punya  kerjaan menggendong sepeda ke mana-mana,” tutup Tombro sambil  tersenyum.
Wah, benar-benar kayak lagunya almarhum Mbah Surip! (motorplus-online.com)DATA MODIFIKASI
Ban: IRC 300-10
Karburator: V80
Bemper Belakang: Variasi
Sespan sepeda: Handmade
Tutup pentil: Variasi
Tombro: 0856-292-2010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar