Minggu, 22 Mei 2011

Menunggangi Minerva R150SE GEN7 2010

Akhirnya setelah menunggu keluar juga generasi ke-7 dari Minerva R150SE 2010, ini adalah penyempurnaan dari generasi-generasi sebelumnya. Modif Motor Keren dan Modifikasi Motor Unik Terbaru 
untuk motor dengan kisaran harga yang sama dengan harga bebek, motor ini perlu diacungi jempol karena kehandalannya dan proses penyempurnaannya yang dilakukan secara terus menerus oleh MMI [minerva motor indonesia] selaku pemegang merk minerva. untuk spare part motor ini pun tidak terlalu sulit karena mesin compatibel dengan jenis GL
Minerva 150R mempunyai beberapa versi revisi (baca: gen / generation ) yg telah release di pasaran sejak awal Juni 2007. Hingga akhir tahun 2009, telah muncul minerva 150R hingga Gen 7 yang punya beberapa perbedaan sejak Generasi (Gen) pertama..
Apa saja bedanya? silakan dibaca selanjutnya..

Untuk awalan saya sisipkan dulu spesifikasi dari Minerva 150R gen 5 yg sering disebut dengan Minerva 150R SE (Special Engine atau Special Edition..)
Spesifikasi Minerva 150R Gen 5
Panjang : 1.910 mm
Lebar : 652 mm
Tinggi : 1.650 mm

Jarak sumbu roda : 1.268 mm
Tipe Rangka : Pentagon Frame
Beban Maks : 150 kg
Kapasitas tangki : 12 liter

Suspensi depan : Upside-down
Rem depan : disc brake
Ban depan : 80/90-17 m/c

Suspensi belakang : Monoshock
Rem belakang : disc brake
Ban belakang : 100/80-17 m/c

Tipe mesin : 1 Silinder, 4 langkah, SOHCDigital CDIOil cooler
Kompresi : 9.2 : 1
Volume silinder : 149.0 cc
Diameter x langkah : 61mm x 49.5mm (144.662 cm3)
Daya maks : 9.5 / 9500 Kw/r/min (12.739 HP)
Torsi maks : 10.0 / 7500 Kw/r/min (13.410 HP)

Gigi transmisi : 5 kecepatan
pola pengoperasian gigi : 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5
Kopling : basah, multiplate
Battery : 12V / 7 Ah
Sistem start : electric starter & kick starter



Perbedaan antar generasi :
Gen 1 :
- Sebagai pembuka Gen
- Lampu sein terdapat di bagian samping Fairing depan dan bagian samping Rear fender belakang

- Terdapat lampu senja di Fairing lampu depan bersebelahan dengan lampu
- belum ada oil cooler

Gen 2 :
- revisi kelistrikan (CDI dan sekitarnya)
- belum ada oil cooler

Gen 3 :
- lampu sein depan menempati posisi lampu senja..
- lampu sein belakang menempati posisi lampu senja belakang di sebelah lampu rem

Gen 4 :
- mulai ditambahkan Oil Cooler

Gen 5 :
- menggunakan Kunci Kontak Magnetik (secure shutter key)


- striping berubah

Gen 6 :
-  mesin menggunakan shaft balancer untuk mengurangi getaran..

- Spidometer digital
- leher knalpot lebih besar

referensi tutorial :
picture = ninja250r.wordpress.com
minerva150r.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar